§ Potensi segmentasi pasar
Segmentasi
pasar yang akan dituju difokuskan pada instansi pendidikan yang ada di Kota
Pontianak. Berdasarkan prinsip dasar yang dipegang, bahwa memilih segmentasi
pasar yang lebih spesifik lebih baik ketimbang harus meraup segmentasi yang
lebih luas. Melihat potensi yang ada di sektor pendidikan masih sangat besar
ditambah hubungan dengan pihak sekolah yang terjalin baik. Sebagai salah satu
contoh tiap tahunnya memberikan proyek pengerjaan ulangan
umum dan rapot kepada kami.
§ Pesaing dan peluang pasar
Pesaing
di usaha ini memang sangat banyak, namun dengan menggunakan segmentasi yang
lebih kecil di dunia pendidikan serta dengan memanfaatkan koneksi yang sudah
terjalin dengan pihak sekolah maka peluang pasar akan terbentuk. Pesaing
cenderung memilih proyek yang lebih besar misalnya pengadaan pada instansi
pemerintahan. Dengan memanfaatkan kondisi pesaing pasar maka akan akan membentuk
peluang pasar yang besar.
§ Media promosi yang digunakan
Media
promosi yang akan digunakan adalah proposal. Proposal penawaran disebarkan ke
seluruh instansi pendidikan yaitu ke sekolah-sekolah maupun universitas swasta.
§ Target/rencana penjualan per tahun
Kalender
pendidikan yang ada di Indonesia dimulai
dari bulan Agustus dan umunya berkhir di bulan Juli. Dalam rentang waktu itulah
umunya terdapat agenda dari sekolah-sekolah yang membutuhkan pekerjaan
cetak-mencetak dan dapat dijadikan acuan dalam membuat target pemasaran.
Berikut ini adalah agenda-agenda utama yang dijadikan target penjualan utama:
NO
|
Item
|
Target
Penjualan (1 Tahun)
|
1
|
Kartu
pelajar & ID Card
|
2500
buah
|
2.
|
Buku,
diktat, rapor.
|
40
rim
|
3.
|
Piagam,
Ijazah, Sertifikat
|
2500
buah
|
4
|
Soal
ulangan & try out
|
520
rim
|
5
|
Pas
foto
|
2500
lembar
|
6
|
Spanduk,
banner
|
1000
m2
|
§ Strategi pemasaran yang akan diterapkan
Langkah
awal yang akan dilakukan adalah membentuk citra yang baik dan membangun
kepercayaan dari pelanggan. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penawaran
awal dengan memberi potongan harga untuk menarik minat pelanggan. Hasil
transaksi dari pelanggan akan digunakan untuk membanguni image perusahaan yang positif agar mendapat kepercayaan dari
pelanggan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar