Selasa, 27 Maret 2012

Proposa Usaha Percetakan 2

ANALISIS PRODUK JASA




§  Produk
Produk jasa yang kami hasilkan yaitu:
1.      Cetak kartu pelajar, kartu mahasiswa dan ID Card.
Kartu tanda pengenal mutlak diperlukan bagi tiap perorangan pada suatu instansi. Seorang siswa diberikan kartu pelajar ketika masuk ke suatu sekolah. Seorang mahasiswa diberikan kartu tanda mahasiswa ketika menjadi mahasiswa di suatu kampus. Seorang guru, dosen, staff atau karyawan diberikan tanda pengenal oleh instansi tempat mereka bekerja. Dengan melihat jumlah siswa, mahasiswa, guru, dosen, staff dan karyawan yang ada pada instansi pendidikan, maka jasa percetakan produk ini memiliki prospek yang sangat besar dan patut diperhitungkan.

2.      Cetak buku pelajaran, diktat, buku rapor.
Buku merupakan suatu “makanan” wajib dalam dunia pendidikan, sehingga permintaan akan produk ini besar dan kontinyu.  Jasa pencetakan buku dilakukan dengan proses perbanyakan (fotocopy).

3.      Cetak Piagam, sertifikat, Ijazah.
Partner grafis yang kami rintis juga akan menyediakan jasa pencetakan sertifikat dan piagam serta ijazah yang setiap tahunnya pasti digunakan oleh sekolah.

4.      Cetak Soal Ulangan
Pada sekolah-sekolah negeri, ulangan diulakukan dua kali dalam setahun. Jika jumlah mata pelajaran di tiap sekolah minimal 7 dan dikalkulasikan terhadap jumlah mahasiswa yang terdapat di sekolah tersebut, maka produk jasa ini memiliki prospek yang sangat besar.

5.      Pengeditan dan cetak pas foto.
Produk jasa ini merupakan produk jasa sampingan yang akan dihasilkan. Dengan kemampuan grafis dan peralatan cetak yang dimiliki sudah sangat memadai untuk menyediakan produk jasa ini.

6.      Desain dan cetak spanduk dan banner.
Produk jasa ini merupakan salah satu produk yang memiliki margin keuntungan yang besar. Namun karena keterbatasan peralatan cetak yang dimiliki mengingat perlatan yang dibutuhkan untuk mencetak produk ini sangat mahal, maka kami fokuskan pada pekerjaan desain, sedangkan untuk pencetakannya akan dilakukan dengan sistem  job order, yaitu dengan cara bekerja sama dengan perusahaan percetakan lain yang lebih besar dan tetap memperhatikan margin keuntungannya. 

§  Keunggulan
Keunggulan yang diutamakan Partner Grafis dibandingkan usaha percetakan lain yaitu harga yang sangat bersaing. Dengan cara menurunkan harga jual sedikit lebih rendah dari harga pasaran, tentunya instansi tersebut akan lebih memilih produk yang harganya lebih rendah, karena biasanya instansi pendidikan tidak menjadikan kualitas sebagai prioritas utama. Dan menggunakan prinsip margin keuntungan kecil namun kontinyu. Kelebihan lain dari usaha kami yaitu untuk pemesanan dalam skala besar, kami akan menyediakan layanan use first pay later, dimana pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan mencicil. Hal ini yang biasanya lebih disukai instansi negeri karena terkait masalah birokrasi yang biasanya memang selalu menjadi penghambat masalah pendanaan. Partner Grafis juga memberikan layanan penuh pre order dan after sales service yang sangat baik kepada pelanggan. Dengan keunggulan yang kami miliki, kami yakin Partner Grafis dapat bersaing di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar