Jumat, 30 Maret 2012

Proposal Usaha Percetakan 3

ANALISIS PASAR


§  Potensi segmentasi pasar
Segmentasi pasar yang akan dituju difokuskan pada instansi pendidikan yang ada di Kota Pontianak. Berdasarkan prinsip dasar yang dipegang, bahwa memilih segmentasi pasar yang lebih spesifik lebih baik ketimbang harus meraup segmentasi yang lebih luas. Melihat potensi yang ada di sektor pendidikan masih sangat besar ditambah hubungan dengan pihak sekolah yang terjalin baik. Sebagai salah satu contoh tiap tahunnya memberikan proyek pengerjaan ulangan umum dan rapot kepada kami.

§  Pesaing dan peluang pasar
Pesaing di usaha ini memang sangat banyak, namun dengan menggunakan segmentasi yang lebih kecil di dunia pendidikan serta dengan memanfaatkan koneksi yang sudah terjalin dengan pihak sekolah maka peluang pasar akan terbentuk. Pesaing cenderung memilih proyek yang lebih besar misalnya pengadaan pada instansi pemerintahan. Dengan memanfaatkan kondisi pesaing pasar maka akan akan membentuk peluang pasar yang besar.


§  Media promosi yang digunakan
Media promosi yang akan digunakan adalah proposal. Proposal penawaran disebarkan ke seluruh instansi pendidikan yaitu ke sekolah-sekolah maupun universitas swasta.

§  Target/rencana penjualan per tahun
Kalender pendidikan  yang ada di Indonesia dimulai dari bulan Agustus dan umunya berkhir di bulan Juli. Dalam rentang waktu itulah umunya terdapat agenda dari sekolah-sekolah yang membutuhkan pekerjaan cetak-mencetak dan dapat dijadikan acuan dalam membuat target pemasaran. Berikut ini adalah agenda-agenda utama yang dijadikan target penjualan utama:
NO
Item
Target Penjualan (1 Tahun)
1
Kartu pelajar & ID Card
2500 buah
2.
Buku, diktat, rapor.
40 rim
3.
Piagam, Ijazah, Sertifikat
2500 buah
4
Soal ulangan & try out
520 rim
5
Pas foto
2500 lembar
6
Spanduk, banner
1000 m2

§  Strategi pemasaran yang akan diterapkan
Langkah awal yang akan dilakukan adalah membentuk citra yang baik dan membangun kepercayaan dari pelanggan. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penawaran awal dengan memberi potongan harga untuk menarik minat pelanggan. Hasil transaksi dari pelanggan akan digunakan untuk membanguni image perusahaan yang positif agar mendapat kepercayaan dari pelanggan lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar