Kamis, 15 Maret 2012

Proposal Usaha Percetakan 1


PENDAHULUAN

§  Latar belakang
Pekerjaan cetak-mencetak saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari keperluan pribadi seperti sekolah dan kuliah, keperluan kantor, hingga urusan bisnis seperti periklanan pasti membutuhkan proses cetak-mencetak. Seorang siswa dan mahasiswa memerlukan proses mencetak untuk keperluan mencetak tugas sekolah atau tugas kuliahnya dari bentuk softcopy menjadi bentuk hardcopy menggunakan desktop printer. Seorang guru atau dosen memperbanyak bahan ajar atau soal ujian dengan proses mencetak (fotocopy). Sebuah kantor atau instansi membutuhkan proses cetak-mencetak untuk keperluan administrasi dan pengarsipan. Sebuah toko atau perusahaan membutuhkan proses cetak untuk keperluan produksi dan periklanan. Karena kebutuhan yang besar akan pekerjaan cetak-mencetak inilah maka teknologi industri percetakan berkembang dengan sangat pesat.
Teknologi percetakan sendiri sangat beragam. Dimulai dari percetakan manual dengan sistem sablon. Namun teknologi sablon ini memiliki kekurangan seperti terbatasnya fleksibilitas desain dan variasi penggunaan warna, proses yang memakan waktu lama, dan harga produksi yang mahal jika mencetak dalam jumlah kecil. Lalu percetakan menggunakan mesin cetak seperti mesin fotokopi dan mesin percetakan offset. Kelebihan mencetak dengan mesin jenis ini adalah kecepatan produksi yang tinggi, namun biaya cetak cukup tinggi bila mencetak dalam jumlah kecil dan media cetaknya hanya bisa diaplikasikan pada kertas. Teknologi percetakan yang sedang laris dan berkembang saat ini adalah percetakan digital. Teknologi percetakan ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi percetakan yang mendahuluinya, yaitu fleksibilitas desain dan penggunaan warna yang tidak terbatas, kualitas hasil cetakan tinggi, media cetak yang dapat diaplikasikan ke bahan selain kertas, dan harga produksi yang tidak besar walaupun produksi dilakukan dalam jumlah kecil.
Teknologi percetakan semakin hari akan terus berkembang. Teknologi-teknologi baru dalam percetakan akan menyebabkan meningkatnya kualitas hasil cetak, kecepatan proses pencetakan, dan cost yang semakin rendah. Hal ini akan berdampak langsung pada konsumen, dimana permintaan dan kebutuhan akan pekerjaan cetak-mencetak akan semakin besar, sehingga peluang bisnis percetakan ini juga semakin besar.

§  Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
Jika melihat perkembangan bisnis percetakan saat ini, percetakan merupakan salah satu bisnis yang sangat cepat berkembang karena bisnis ini memiliki prospek yang baik dan cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha-usaha baru di bidang percetakan yang tumbuh. Meskipun sudah banyak orang yang membuka bisnis percetakan, namun konsumen dan pasarnya semakin hari semakin berkembang karena pekerjaan cetak-mencetak sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi personal, pemilik usaha, maupun kantor dan instansi.
Salah satu instansi yang membutuhkan pekerjaan cetak-mencetak secara kontinyu adalah instansi pendidikan seperti sekolahan. Sepanjang tahun sekolahan akan membutuhkan pekerjaan cetak-mencetak untuk memenuhi kelengkapan sekolah. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan ini sekolahan tidak mengerjakan sendiri secara langsung, namun dengan bekerja sama dengan pihak swasta lain. Tuntutan kerjasama instansi pendidikan dengan pihak swasta lokal yang mampu memberikan kinerja lebih baik dan lebih cepat mengilhami kami untuk memanfaatkan kemampuan kami di bangku kuliah, informasi dari internet, dan pengalaman kerja kami dengan membuka education partner grafis. Partner grafis yang kami rintis akan bergerak di usaha jasa percetakan kelengkapan sekolah  seperti kartu pelajar, Id card,diktat, buku pelajaran, ijazah, dan sertifikat.  Dalam proses optimalisasi kerja tersebur partner grafis ini mebutuhkan tiga bidang utama yakni marketing, operasional,dan keuangan.
Sektor pendidikan merupakan sektor yang akan terus berkembang. Seiring dengan berkembangnya sektor pendidikan, peluang usaha pada sektor ini pun semakin meningkat, terutama universitas swasta yang terus melaksanakan program penerimaaan mahsiswa baru melalui jalur tes khusus yang dilaksanakan di sekolah-sekolah di daerah  akan berimplikasi terhadap meningkatnya proses percetakan soal tes,  pembuatan ID card dan diktat, serta spanduk-spanduk publikasi. Dengan kebutuhan-kebutuhan di dunia pendidikan kami hadir menjawab kebutuhan-kebutuhan percetakan grafis.

§  Tujuan Usaha
Memberikan pelayanan kepada instansi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang grafis
Memberikan peluang usaha bagi mahasiswa maupun lulusan SMK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar