Kamis, 01 September 2011

Perancangan Robot Beroda Pemadam Api Berbasis Mikrokontroller ATMega16


Segala puji dan syukur hanya kepada Allah SWT, yang dengan izin-Nya maka penelitian dan penulisan skripsi dengan judul Perancangan Robot Beroda Pemadam Api Berbasis Mikrokontroller ATMega16 ini dapat diselesaikan dengan baik.



Penyusunan  tugas akhir ini juga tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Untuk itu secara khusus penulis menyampaikan terima kasih yang seluas-luasnya kepada:

1.       Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

2.       Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Tanjungpura

3.       Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Tanjungpura

4.       Elang Derdian, S.T, M.T selaku pembimbing utama yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan, masukan, dan diskusi yang intensif dalam perancangan robot dan penulisan skripsi.

5.       F. Trias Pontia W, S.T, M.T selaku pembimbing pendamping yang telah memberikan bimbingan dan masukan dalam penulisan skripsi ini.

6.       Hendro Priyatman, S.T, M.T dan Ir. Aryanto Hartoyo, M.T selaku penguji utama dan penguji pendamping.

7.       Pemerintah Daerah Kalimantan Barat dan Comdev Universitas Tanjungpura yang telah memberi bantuan pembiayaan penelitian ini.

8.       Pihak lain yang memberi bantuan secara langsung maupun tidak langsung,.



Penulis berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan robotika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Penulis juga mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif untuk penyempurnaan hasil penelitian ini.


          Teknologi otomatisasi yang berkembang saat ini hampir menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi manusia. Berbagai jenis pekerjaan yang sulit dikerjakan manusia seperti pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, melelahkan, membosankan, ataupun berisiko tinggi dapat ditangani menggunakan otomatisasi, dan teknologi robotika merupakan salah satu teknologi otomatisasi yang memiliki kemampuan sangat luas. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah robot yang memiliki tugas memadamkan sumber api pada suatu area yang terdiri dari banyak ruangan. Robot dilengkapi dengan kemampuan pendeteksian ruangan  dan pembacaan ‘tanda-tanda’ tertentu guna melakukan pencarian sumber api secara otomatis. Kemampuan tersebut didapatkan dengan memasang sensor ultrasonik, sensor api , dan sensor inframerah. Seluruh kinerja robot diatur oleh ‘otak’ robot itu sendiri yaitu mikrokontroler ATMega16 yang tertanam pada robot. Robot beroda ini dirancang dengan penggunaan komponen seminimal mungkin namun memiliki kinerja dan kemampuan yang optimal.


Video hasil akhir robot pemadam api berbasis mikrokontroler ATMega16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar